WACANA HUMOR DALAM KOMIK STRIP SI JUKI ONLINE: TELAAH PRAGMATIK*
oleh Agus Wijiyanto
ABSTRAK
Dewasa ini, banyak
bentuk-bentuk hiburan yang jamak ditemukan. Salah satu bentuk hiburan yang
banyak mengundang kelucuan dan mengundang tawa bagi pembacanya adalah komik.
Dalam hal ini, salah satu komik yang menjadi perhatian peneliti adalah komik
strip Si Juki online.
Komik strip Si Juki online merupakan salah satu
komik kartun lokal yang di dalamnya terdapat cerita bergambar dengan mengusung
tokoh Si Juki sebagai tokoh utamanya.
Dalam membuat komik, Faza Ibnu Ubaidillah sebagai komikus mengambil ide cerita
dari isu-isu yang sedang banyak dibicarakan. Ia tidak hanya ingin membuat komik
untuk tujuan lucu-lucuan, tetapi juga ingin menyampaikan pesan untuk para
pembacanya.
Penelitian yang berjudul
“Wacana Humor dalam Komik Strip Si Juki
Online: Telaah Pragmatik” akan mengungkap strategi berbahasa yang digunakan
untuk menghasilkan kelucuan. Wacana humor dalam komik Strip Si Juki online merupakan wacana verbal
dan nonverbal yang menggunakan strategi tindak tutur atau menuturkan suatu
tuturan yang menimbulkan efek lucu. Adapun fokus kajian dalam penelitian ini
antara lain: (1) jenis tindak tutur yang digunakan dalam komik strip Si Juki online; (2) realisasi prinsip
relevansi yang terjadi dalam komik strip Si
Juki online; dan (3) implikatur percakapan yang terdapat pada komik strip Si Juki online.
Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dalam hal ini,
peneliti berusaha menganalisis data dengan cara mendeskripsikan hasil analisis
dari kumpulan data yang sudah didokumentasi. Data yang diperoleh dalam
penelitian ini berupa tuturan karakter atau tokoh yang ada dalam teks komik strip Si Juki online. Sumber data penelitian ini adalah beberapa komik strip Si Juki online yang didapat dari akun fanpage Si
Juki dalam situs jejaring sosial facebook.
Untuk memperkuat data, konteks yang terkandung dalam komik seperti setting dan
gambar ekspresi tokoh menjadi bagian dari data.
Teknik pengumpulan data
yang dilakukan peneliti dalam melakukan penelitian ini adalah teknik
dokumentasi. Dalam hal ini, peneliti mengunduh beberapa komik strip Si Juki online yang terdapat di akun fanpage Si Juki dalam situs jejaring sosial facebook dan disimpan sebagai data. Selain itu, untuk menunjang
penelitian ini peneliti menggunakan angket sebagai media pendukung penelitian.
Adapun
beberapa tahapan yang dilakukan untuk mengolah atau menganalisis data, antara
lain: (1) mereduksi data; (2) mendeskripsikan tuturan yang berefek humor
beserta konteks yang mengiringnya; (3) menganalisis data tuturan dan konteks
tersebut berdasarkan jenis tindak tutur, prinsip relevansi, dan implikatur; (4)
mendeskripsikan respon pembaca; dan (5) membuat simpulan.
DAFTAR
PUSTAKA
Austin, J. L. (1962).
How to Do Things with Words. New York:
Oxford University Press.
Cummings, L., (Terjemahan Eti Setiawati, dkk.). (2007). Pragmatik: Sebuah Perspektif Multidisipliner.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Djajasudarma, F.
(2010). Metode Linguistik: Ancangan
Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: PT. Refika Aditama.
Djajasudarma, F.
(2012). Wacana dan Pragmatik.
Bandung: PT. Refika Aditama.
Grundy, P.
(2008). Doing Pragmatics. London:
Hodder Education.
Gunarwan, A.
(2007). Pragmatik: Teori dan Kajian
Nusantara. Jakarta: Penerbit Universitas Atma Jaya.
Hakiki, D. R.
(2013). Buku Politik Santun dalam Kartun
Karya Muhammad Mice Misrad: Kajian Semantik dan Pragmatik. (Skripsi). Universitas Jember, Jember.
Hidayati.
(2009). Analisis Pragmatik Humor
Nasruddin Hoja. (Skripsi).
Universitas Diponegoro, Semarang.
Ibrahim, A. S. (Penyunting). (Terjemahan
Suwarna, dkk.). (2009). Teori Relevansi:
Komunikasi dan Kognisi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Leech, G., (Terjemahan M.D.D. Oka). (2011). Prinsip-prinsip Pragmatik. Jakarta:
Universitas Indonesia.
Mahsun. (2011). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya.
Jakarta: Rajawali Press.
Patoni, M. (2013). Strategi Wacana
Humor pada Sitkom Sketsa Trans Tv: Perbedaan Penafsiran Implikatur Percakapan. Dalam Yanti
(Penyunting), Prosiding Konferensi
Linguistik Tahunan Atma Jaya Kesebelas Tingkat Internasional (hlm.
407-411). Jakarta: Pusat Kajian Bahasa dan Budaya.
Purwanti.
(2006). Analisis Wacana Plesetan pada
Kaos Dagadu Djokdja (Kajian Pragmatik). (Skripsi). Universitas Sebelas Maret Surakarta, Solo.
Rahardi, K. (2005). Pragmatik: Kesantunan
Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Rahardi, K. (2009). Sosiopragmatik. Jakarta:
Erlangga.
Rahmanadji, D.
(2007). Sejarah, Teori, Jenis, dan Fungsi
Humor. Jurnal Bahasa dan Seni, Tahun 35, Nomor 2, Agustus 2007. [Online], 9 halaman. Diakses dari
http://sastra.um.ac.id/wp-content/uploads/2009/10/Sejarah-Teori-Jenis-dan-Fungsi-Humor.pdf
Rastranadya, G.
S. (2011). Strategi Tindak Tutur Wacana Humor pada Acara Bukan
Empat Mata (Kajian Pragmatik). (Skripsi). Universitas Pendidikan Indonesia,
Bandung.
Savitri, A. I. (2006). Interpretasi Strip Komik Peanuts: Pemaknaan
Pembaca atas Peristiwa Budaya yang Berlangsung di Dalamnya. (Tesis).
Universitas Indonesia, Depok.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan
R&D. Bandung: Alfabeta.
Wijana, I. D. P. (1996). Dasar-dasar Pragmatik. Yogyakarta: Andi.
Wijana, I. D. P. (2004). Kartun: Studi tentang Permainan Bahasa.
Yogyakarta: Ombak.
Wikipedia. (2014, 29 Agustus). Si Juki. [Online]. Diakses dari http://id.wikipedia.org/wiki/Si_Juki
Yule, G. (Terjemahan Indah Fajar W.).
(2006). Pragmatik. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar.
Yuliana, N. (2011). Analisis Pragmatik dalam Kartun Editorial
“Kabar Bang One” pada Program Berita Tv One. (Skripsi). Universitas Sebelas
Maret Surakarta, Solo.
*Judul bakal calon proposal skripsi pada Departemen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FPBS UPI.
Komentar
Posting Komentar